Selasa, 26 Oktober 2010

Bagaimana cara merawat laptop agar awet??


jika anda seseorang yang suka bepergian (mobile), seorang anak kost (karyawan, mahasiswa atau pelajar) barang tentu anda menggemari hal yang gratisan (internet gratis via hotspot), tentu saja lebih menyenangkan menggunakan laptop daripada PC. Yang aktifitas tersebut membutuhkan komputer dan atau koneksi internet. Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman serta cara merawat laptop kesayangan kamu agar jadi awet dan tahan lama.

Mungkin laptop kita berbeda(saya pemakai compaq) namun cara merawat laptop dapat diterapkan di laptop merek apa saja baik itu laptop axioo, laptop acer, toshiba, asus dan lain sebagainya. Pada dasarnya laptop sama saja dengan komputer PC, namun laptop dirancang dan dibuat agar ringkas dan mudah dibawa kemana saja, komponen yang digunakan seperti cpu, chipset, vga card (kartu grafis) dan beberapa komponen pendukungnya pun di pilih menggunakan komponen yang hemat energy dengan tujuan agar laptop dapat awet dan digunakan dalam waktu yang lama untuk bekerja mengingat laptop menggunakan baterry sebagai sumber tenaga nya.

Nah, karena sifat portable inilah yang membuat laptop membutuhkan perlakuan dan cara merawat spesial. Hal pertama yang perlu anda perhatikan tentang cara menggunakan laptop dengan benar adalah dengan melindungi bagian – bagian laptop yang rentan, untuk itu kamu bisa melakukan hal-hal seperti di bawah ini :

   1. laptop menggunakan LCD sebagai layar monitor nya yang dalam hal ini rebih rentan terhadap debu,sentuhan dan goresan, untuk itu kamu bisa melindungi layar LCD dengan screen protector. Usahakan saat masih nyala langsung di tutup, bisa mengakibatkan pembiasan(pelangi) paca zat cairnya. Atau lampu meredup.
   2. laptop memiliki keyboard yang menempel langsung pada body nya(walaupun ada beberapa laptop yang keyboard nya bisa dicopot) yang rentan terhadap debu dan percikan air atau cairan lain yang bisa merusak sirkuit elektronik yang berada di bawahnya, untuk itu kamu bisa menggunakan penutup / cover keyboard yang di rancang khusus untuk laptop. dampaknya pernah kejadian keyboard laptop tersiram kopi dan akibatnya fatal, terjadi konsletingdan harus ganti motherboard.
   3. Letakan laptop pada tempat yang mempunyai permukaan datar atau rata,permukaan yang tidak rata akanmengakibatkan posisi laptop miring dan saat menerima ketukan keyboard akan mengakibatkan goncangan padahardware didalamnya.Dan dampak dalam waktu lama akan membuat kerusakan.
   4. Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop dipangkuan, dalam waktu lama radiasi laptop akan mengganggu kesehatan reproduksi dan ginjal. Selain tidak ada kestabilan letak laptop itu sendiri akibat goncangan.
   5. Laptop memang diciptakan untuk mobile, tetapi goncangan saat membawanya atau bahkan pernah jatuh,akanberakibat pada kerusakan motherboad atau lcdnya sendiri.
   6. Tas pelindung laptop dari bahan dasar gabus berbalut katun tipis yang halus bisa meredam panas saat dipakai kerja dalam waktu lama,daripadabersentuhan langsung pada meja. Untuk menjaga suhu laptop agar tidak overheat / kenapasan karena digunakan terlalu lama, anda bisa menggunakan tas laptop yang memiliki bahan yang meredam panas atau lebih baik lagi jika anda menggunakan fan laptop.
   7. Laptop di Indonesia umumnya sudah 220 volt, tetapi untuk laptop keluaran Jepang atau ex Jepang masih 110 volt,sediakan adaptor penurun tegangan.
   8. Belilah laptop di toko terdekat di daerah Anda, sehingga bila ada masalah atau kerusakan pada masa life cyclenya akan gampang dan cepat mengurusnya.karena itu simpan baik-baik kartu garansinya.
   9. Untuk kecepatan akselerasi laptop Anda, Installah program sesuai kebutuhan saja, sehingga bisa bisa menghemat memori dan hardisk anda.
  10. Bila laptop Anda selalu berhubungan dengan internet, Anti virus menjadi suatu keharusan mutlak dan harus diupdate. Namun, dari pengalaman saya pakailah operating system(OS) open source (Linux) karena bebas Virus

Jangan lakukan hal bodoh kayak yang pernah saya lakukan di bawah ini:

Ngecharge baterei laptop itu:

   1. Jangan sampai laptop di charge dalam keadaan mati bahkan sampai ditinggal tidur
   2. Baca manual laptop bagaimana nge-charge baterei yang benar.
   3. Copot power supply kalo udah ga kepake atau baterei udah penuh.
   4. Padahal dengan kecanggihan teknologi seperti ini harusnya beterei yang udah penuh power supplynya bisa cut off sendiri yah. Tapi ya fakta membuktikan, ngecharge baterei harus dalam kondisi nyala atau sampai indikator berubah jadi hijau.

Masalah LCD :

·         Jangan sentuh layar dengan jari atau alat runcing(apalagi tajam).

·         Jangan suka asal buka-tutup LCD, hati-hati connector cabel n led LCD.

·         Apabila sudah ada titik(noda/lubang), usahakan jangan di pakai sering dalan jangka aktu pemakaian lama.

·         Di ingat harga LCD adalah separoh dari harga laptop.

Untuk urusan harddisk:

·         Coba usahakan gak pake banyak kegiatan/acara instal-uninstal program.

·         Jangan keseringan remove harddisk.

·         Jangan dibiasakan laptop mati saat proses kerja, terlebih kerja berat. Pengalaman saat baterai saya lepas n laptop connect langsung ingstalasi arus listrik terus listrik padam atau serta gak sengaja kabel tersenggol dan lepas dari powersupply harddisk langsung konsleting. Ya pasti barang tentu harddisk rusak.

Perihal mengenai matherbord:

·         Apabila terjadi seditik masalah segera baah ke tukang servis, telat berarti tambah biaya bahkan dimungkinkan bisa ganti.

·         Baterai C-mouse Bios, apabila telah kadaluarsa. Usahakan mengganti pada service center product agar tidak vatal merenbet hingga system BIOS

cukup itu dulu curhat saya,  tips dari saya berdasarkan pengalaman saya sendiri. Jangan dicontoh lho ya kejadian diatas. Karena spare part laptop itu mahal lo ternyata  :-|   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Detik Hari Ini

No Music, No Dream

No Music, No Dream
MY Family's

Labels

Mengenai Saya